Al-‘Aqabah, Jalan Sukar dan Mendaki (Tadabbur QS. Al Balad, Bag.2)

Allah berfirman dlm Q.S. Al-Balad [90] ayat 12 :
“Wamaa adraaka mal aqabah …” Tahukah kamu jalan yang sukar dan mendaki itu? Yakni, jalan yang arahnya akan mengantarkan manusia menuju surga.

Di dalam al-Qur’an hanya terdapat tiga belas kalimat saja yang terulang dengan menggunakan redaksi “maa adraaka”. Pemakaian redaksi kalimat “maa adraaka” di dalam al-Qur’an berkaitan dengan pertanyaan yang menunjukkan hal-hal yang sangat istimewa, hebat, mulia, agung, dan sulit dijangkau secara sempurna oleh akal manusia.

Sepuluh dari tiga belas ayat yang menggunakan redaksi “maa adraaka” tersebut berbicara mengenai kehebatan Hari Kemudian/Akhirat, seperti “wamaa adraaka mal qaari’ah”, “wamaa adraaka maa yaumul fashl”, “wamaa adraaka maa sijjiin”, “wamaa adraaka ‘illiyyuun”, dll. Kesemuanya merupakan peristiwa luar biasa, istimewa, dan tidak mudah dijangkau oleh nalar.

Tiga ayat lainnya berbicara mengenai kedahsyatan fenomena alam bintang thaariq, keagungan dan kemuliaan malam laylatul qadr di bulan Ramadhan, dan keistimewaan jalan aqabah yang ditempuh golongan ahli syurga (ashaabul yamiin).

Wamaa adraakamath Thaariq … Tahukah kamu apakah bintang thariq itu? (QS Al-Thariq [86]: 2) Wamaa adraaka maa laylatul qadr … Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (QS Al-Qadr [97]: 2) dan Wamaa adraaka maal ‘aqabah …

Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (QS Al-Balad [90]: 12)
Allah menggunakan redaksi “maa adraaka” ketika menanyakan jalan yang sukar itu (al-‘Aqabah), menunjukkan bahwa jalan ini merupakan suatu jalan yang penuh dengan kemuliaan, keistimewaan, dan keagungan … dan bisa saja memungkinkan nilai dan derajatnya keistimewaannya setara dengan peristiwa-peristiwa dahsyat pada ayat-ayat lain yang menggunakan redaksi yang serupa. Wallaahu a’laam

Allah kemudian menjelaskan 3 (tiga) perkara/perbuatan dan 5 (lima) sasaran yang dikategorikan sebagai perkara berbobot yang termasuk jalan sukar dan mendaki al-‘Aqabah di dalam ayat 13 – 17 pada surah ini.

Sumber : tulisan via email Kang Isa Syahroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: